Pulau Amami-Oshima Bebas dari Garangan atau Mongoose

Jepang Nyatakan Pulau Amami-Oshima Bebas dari Garangan atau Mongoose

Kementrian Lingkungan Hidup Jepang menyatakan pulau Amami-Oshima di Prefektur Kagoshima, Jepang Barat Daya, telah terbebas dari garangan atau mongoose. Pulau Amami-Oshima terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia Alam UNESCO.

Pada awalnya mamalia ini didatangkan di pulau tersebut untuk mengurangi populasi spesies ular lokal yang sangat berbisa pada tahun 1979. 

Namun, mamalia tersebut berubah menjadi predator yang mulai memangsa spesies langka asli pulau tersebut, termasuk kelinci Amami, yang merupakan spesies yang sangat dilindungi. Populasi Garangan pernah tumbuh hingga 10.000 ekor.

Pada 2005, kementrian lingkungan hidup menetapkan spesies asing yang berbahaya bagi ekosistem dan meluncurkan unit pemberantas.

Selasa (03/09/2024) terdapat pertemuan para ahli guna menilai kemajuan unit tersebut. Para pejabat melaporkan tidak ada garangan yang terperangkap selama lebih dari enam tahun, dan hewan tersebut tidak pernah terekam oleh kamera sensor gerak yang terpasang di 579 lokasi di pulau tersebut. Para ahli menyimpulkan bahwa kemungkinan hewan tersebut telah mengalami kepunahan.

Ueda Akihiro, Direktur Jenderal Biro Konservasi Alam Kementrian Lingkungan Hidup menyatakan bahwa spesies asing tersebut telag dimusnahkan dari pulau tersebut.

Pejabat kementrian mengatakan di seluruh dunia ada sembilan kasus garangan dimusnahkan dari tempat hewan itu didatangkan. Namun, sangat jarang garangan dimusnahkan dari daerah tempatnya berkembang biak seperti Amami-Oshima.

Follow IG kami untuk update tercepat!

X
× How can I help you?